Anugerah Desa Tranparan se Indonesia Diserahkan KI Pusat

SEPUTARSUMBAR, Jakarta — Anugerah Desa Transparan hari ini diserahkan Komisi Informasi Pusat Di Hotel Grand Sahid Jakarta.

“Desa transparan telah melewati tahap penilaian, hari ini kita serahkan ke peraih desa terbaik,” ujar Penanggungjawab Pelaksana Apresiasi Desa 2022, Kamis 8/12-2022.

Sementar itu Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengatakan apresiasi desa mengangkat tema “Desa yang Transparan, Masyarakat Sejahtera, Indonesia Jaya”.

“Itu dilandasi secara filosofis, bahwa hadirnya UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaans Informasi Publik (KIP) sebagai salah satu di antara instrumen hukum lainnya yang memiliki tujuan memberikan jaminan, perlindungan dan pemenuhan hak asasi pada setiap warga negara serta memiliki semangat dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bebas dari prkatik korupsi, kolusi, dan nepotisme dengan ciri memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, “ujar Donny.

Penyelenggaraan pemerintahan dari pusat hingga pemerintahan desa, seyogyanya kata Donny Yoesgiantoro menghayati serta mengamalkan alasan, tujuan dan pertimbangan yang tertuang dalam UU KIP terlebih khususnya bagi pemerintahan desa yang merupakan cermin dan wajah terdepan negara ini.

“Keterbukaan informasi publik tidak menciptakan gap atas pelaksanannya, tapi sebagai salah satu instrument untuk melihat pelaksanaan UU KIP, UU Desa, peraturan pemerintah atas pelaksanaan UU KIP serta Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa, Komisi Informasi Pusat memandang perlu untuk melakukan evaluasi dan memberikan apresiasi kepada Desa atas pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Desa,”ujarnya.

Patut diketahui bahwa pelaksanaan Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik ini sesunggunya dimaksudkan untuk memperoleh gambaran pelakasanaan keterbukaan informasi publik dan juga sebagai salah satu bentuk sosialisasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada Desa.

“Apresiasi desa ini bertujuan untuk: Mendorong terpenuhinya hak azasi manusia atas kebutuhan informasi bagi masyarakat Desa yang mudah diakses.
Mendorong tersedianya Informasi Publik Desa yang sesuai dengan Standar Layanan Informasi Publik Desa, yaitu informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan. Mendorong agar terjadinya proses transparansi, akuntabilitas dalam pengelolaan Informasi Publik Desa. Mendorong pengelolaan Desa untuk mewujudukan good governance. Menghindarkan Desa dari budaya tertutup. Menjadi referensi dalam proses pengambilan kebijakan publik bagi perangkat desa,”ujar Donny Yoesgiantoro.

Donny ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada 10 nominasi desa terbaik dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

“Desa yang akan mendapatkan apresiasi, dan saya memberikan penghormatan yang tinggi atas komitmen Bapak dan Ibu semua telah megimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik di Badan Publik di bawah kepemimpinan Bapak dan Ibu. Kami tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta stakeholder terkait, atas suportnya dalam pelaksanaan Evaluasi dan Apresiasi Desa tahun 2022 yang telah berjalan dengan baik. Semoga kita dapat bekerja sama di tahun-tahun kedepan dalam kerangka perwujudan Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia,”ujar Donny.

Pada anugerha Desa Transparan, Sumatera Barat diwakili Nagari Bungo. Pasang Salido Kabupaten Pessel.

“Insya Allah masuk dan menjadi desa tertransparan kedua di Indonesia bagian Barat,” ujar Wakil Ketua KI Sumbar Arif Yuamrdi didampingi Komsioner 2 Periode Adrian Tuswandi.

Selain Walinagari Bungo Pasang Salido dan jajaran, juga hadir langsung Wakil Bupati Pesisir Selatan dan Kadis PMD Provinsi Sumbar.

“Desa Transparan dipastikan mengundang trust publik kepada pimpinan desanya,” Adrian menambahkan.

Tiga desa terbaik berdasarkan tiga wilayah di Indonesia, Indonesia Barat Sedang Sari Kulonprogo, Indonesia Tengah Desa Duda Timur Karang Asem Bali dan Indonesia Timur Maitara Tidore Maluku Utara.

Bungo Pasang Salido dari urutan nominasi dibacakan menjadi desa kedua terbaik Indonesia Bagian Barat.

Tiga Desa Transparan apresiasi deserahkan Sekjen Kemendes PDT Taufiq Majid didampingi Ketua KI Pusat Dony Yoesgiantoro.(adr)