Ali Mukhni: Pembangunan Jalan Tol Pertaruhan Marwah Sumbar, HKI Syukuran Potong Kambing

Padang,- Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menegaskan dukungannya terhadap percepatan pembangunan jalan Tol Padang Pariaman- Pekanbaru sepanjang 244 km yang melintasi Padang Pariaman sepanjang 43 Km.

Dalam dialog khusus dengan wartawan,  Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwasanya pembangunan jalan Tol berimplikasi terhadap peningkatan perekonomian dan menjaga Marwah Sumatera  Barat di pentas nasional, bupati juga mengatakan masyarakat harus berpikiran jauh ke depan dalam membangun daerah.

Sementara itu Dr. Asrinaldi pakar kebijakan publik Unand mengatakan bahwasanya dengan karakter spesifik seperti Sumatera Barat tentunya harus melalui pendekatan khusus seperti yang telah dilakukan oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dengan terlibat langsung menjumpai pemilik lahan yang dilalui Penlok/terase yang telah ditetapkan pemerintah provinsi Sumatera Barat dan kementerian PUPR.

Asrinaldi juga menambahkan tidak bisa mengambil kebijakan di balik meja saja, tentu harus gigih menyakinkan masyarakat dengan terjun langsung.

Disamping pendekatan persuasif juga Perlu pendekatan dampak kemajuan yang akan dirasakan masyarakat yang diimbangi dengan komunikasi yang efektif dengan masyarakat, tutupnya.

Terkait dengan kearifan lokal serta mendekatkan diri pada masyarakat, atas saran Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI) laksanakan syukuran dengan memotong satu ekor kambing. PT. HKI mengundang seluruh pemuka masyarakat, Ninik mamak, wali Nagari, wali Korong, pemuda dan Bundo kandung di nagari Parit Malintang.

“Kita menghargai tata cara dan adat istiadat di wilayah proyek kita, ungkap Kemal,  Publik Relation PT HKI.

Selanjutnya A DT. Rajo Ameh sebagai Ninik mamak di nagari Parit Malintang mengatakan bahwa sudah menjadi suatu keharusan bagi masyarakat jika memulai suatu pekerjaan didahului dengan ungkapan syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan memotong satu ekor kambing di tempat pekerjaan dilaksanakan.

” inshaallah “di ama pacah, dimukasuik sampai, nan angek dingin, nan asin tawa,” ungkapnya.(Rls/Romelt)