3.000 Alumni Diprediksi Hadiri Reuni Gadang IASMA 1 Bukittinggi

SEPUTARSUMBAR, Bukittinggi – Ikatan Alumni SMAN (IASMA) 1 Bukittinggi (Landbouw) kembali mengadakan Reuni Gadang di Kota Bukittinggi. Iven lima tahunan ini dilaksanakan pada 13-15 September mendatang. Momen spesial ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 SMAN 1. Selain reuni lintas angkatan, Reuni Gadang ini turut dimeriahkan oleh sejumlah acara seperti tablig akbar, donor darah, pasar murah hingga fun walk.

Tadi malam (14/5), Ketum IASMA 1 Landbouw Bukittinggi Indra Meidi memulai kick off Reuni Gadang dan Milad ke-65 SMAN 1 Bukittinggi via zoom meeting. Diperkirakan sekitar 3 ribuan alumni lintas angkatan tersebar dalam dan luar negeri ambil bagian dalam kegiatan ini. Tahun ini, panitia pelaksana kolaborasi angkatan 97 dan 98. 

“Membangun kebanggaan sesama alumni SMAN 1 Bukittinggi, jelas perlu dilakukan. Apalagi, keberadaan alumni ikut berperan sentral memajukan almamater. Nah, berkaca dari kenyataan inilah pengurus setiap tahunnya mengadakan kegiatan. Poin pentingnya, menjaga dan membangun, sekaligus memperkuat silaturahmi antar alumni,” ujar Indra Meidi sewaktu kick off.

Menurut dia, bila sekali setahun diadakan silaturahmi lintas angkatan (SLA), maka setiap 5 tahun dilaksanakan Reuni Gadang, yang diharapkan dapat dihadiri oleh lebih banyak alumni dari semua angkatan, mulai angkatan 59 sampai 2023. Pelaksanaan RG tahun ini digelar bersamaan dengan milad ke 65 SMAN 1 Landbouw Bukittinggi. Karenanya, format palaksanaannya pun berbeda. Bila SLA hanya 1 hari. Namun, Reuni Gadang inj dilaksanakan tiga hari, 13, 14 dan 15 September.

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan komunikasi antar alumni SMA 1 Bukittinggi selama ini, sangat baik walaupun jarak angkatannya terpaut jauh. “Kontribusi utama  IASMA ke almamater melalui bidang 3  dengan berupaya meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan dan kelulusan siswa untuk dapat lebih banyak diterima di perguruan tinggi negeri ternama, serta mendukung setiap kegiatan sekolah yang bertujuan untuk lebih mengembalikan serta meningkatkan kejayaan almamater,” terang Indra.

Salah seorang tokoh alumni SMAN 1 Bukittinggi Novil Anoverta mengatakan, seluruh almamater SMAN 1 Bukittinggi menyambut baik acata Reuni Gadang 2024. Reuni Gadang sekaligus ajang silaturrahmi antar angkatan. “Reuni Gadang ini juga terdapat nilai-nilai positif. Semua alumni bisa menjadi sahabat dan keluarga besar. Kita juga mengharapkan partisipasi dari IASMA muda. Karena anak-anak muda iu perlu dimatangkan. Mereka harus diarahkan untuk peduli almamater dan keluarga besar SMAN 1 Bukittinggi. Mereka juga  dapat berkolaborasi antar lintas generasi termasuk angkatan yang jauh diatasnya,” ungkap Novil yang juga Ketua Bidang 2 IASMA 1 Bukittinggi bidang keakraban alumni dan IASMA muda.

Ketum Angkatan 98 SMAN 1 Bukittinggi yang juga tim pengarah (SC) Rommi Delfiano mengajak seluruh angkatan mulai 59 sampai 2023 bisa ambil bagian dalam kegiatan ini. Dengan demikian kesemarakan kegiatan semakin terasa. Terlebih, kegiatan ini juga melibatkan banyak kalangan termasuk masyarakat Lota Bukittinggi. 

“Selaku sipangka dalam kegiatan lima tahunan ini, kami berharap seluruh alumni bisa berpartisipasi. Baik berupa dukungan moril dan materil. Terpenting, tentunya bisa datang langsung ke Bukittinggi sesuai jadwal yang sudah disepakati, 13-15 September,” ujar pria yang kini dipercaya menjadi Pemimpin Redaksi Harian Padang Ekspres itu.

Menurut Ketua Pelaksana Reuni Gadang 2024 Rendra Aulia, rangkaian acara Reuni Gadang 2024 IASMA 1 Bukittinggi dimulai Jumat (13/9) terdiri dari registrasi, sesi foto, dan pertandingan final domino antar angkatan. Sabtu (14/9)-nya, meliputi jalan santai, donor darah, pasar murah dan tablig akbar. Acara dilanjutkan Minggu (15/9) sebagai hari puncak. Berupa, peresmian Sekretariat Alumni,Peringatan Ulang Tahun SMA 1 Bukittinggi dan panggung hiburan diisi penampilan alumni, serta penampilan khusus  Darak Badarak dan artis Minang. Tak lupa juga ada permainan kim yang memberikan keseruan tersendiri bagi lintas generasi.

Saat ini, sejumlah alumni SMAN 1 Bukittinggi sukses berkiprah di bidang masing-masing. Di antaranya, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Bupati Agam AWR, Sekkab Sijunjung Zefnihan, anggota DPRD Sumbar Rafdinal dan lainnya. Di samping itu, juga di kementerian, lembaga dan badan pemerintahan. (rom)

Komentar