Benny Aziz: Optimis, KPU Bukittinggi Pernah Melebihi Target Nasional

Padang,-Target partisipasi pemilih nasional 77,5 persen di Pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan di 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota seluruh Indonesia.

 Bagaimana target partisipasi pemilih saat Pilkada ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, pastinya pemilih khawatir ke TPS 9 Desember 2020,”ujar Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar HM Nurnas saat Monitoring Evaluasi (Monev) Komisi DPRD Sumbar dengan KPU Kota Bukittinggi, Selasa 28 Juli 2020.

Ketua Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi menegaskan keoptimisan jajarannya mengejar target partisipasi 77,5 persen ditetapkan KPU RI.

“Kiatnya bereskan diri kita dulu, yakni bangun kokoh integritas penyelenggara dengan berpegang teguh kepada kode etik selalu komisioner KPU,”ujar Benny Aziz.

Selanjutnya masifkan sosialisasi dan menjalin harmonisasi dengan stakehokder di Bukitinggi temasuk menggencarkan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula atau milenial.

“Terbantu sosialisasi kekinian karena kondisi kurva landai dan Bukittinggi zona hijau covid-19,”ujar Benny Aziz.

Selain itu juga menggandeng Kesbangpol dengan adanya anggaran sosialisai Pilkada di Kesbangpol Bukittinggi, lalu ada kerja bareng dengan komunitas publik dan road show ke lapau dengan ciloteh tentang Pilkada termasuk tekah memaskotkan Sicampo dan Sicampo nama Harimau di Luak Agam.

Ketua KPU Bukittinggi Heldo Aura mengatakan soal pencapaian target partisipasi nasional.

“Saat Pemilu 2019, partisipasi masyarakat di Bukittinggi melebihi angka partisipasi nasional, yaitu 77,9 persen dari target nasional 77,5 persen. Sehingga itu KPU Bukittinggi saat ini sangat optimis mencapai target 77,5 persen pada Pilkada 2020 ini,”ujar Heldo.(Romelt)