215 TPS di Sumbar tidak Tersentuh Listrik PLN

SEPUTARSUMBAR, Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat, sebanyak 215 tempat pemungutan suara (TPS) di Sumbar belum tersentuh jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Dari 17.569 TPS di Sumbar ada 215 TPS yang belum masuk jaringan listrik,” ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sumbar Jons Manedi, Rabu (24/1/2024).

Dikatakannya, sebagian besar TPS yang belum tersentuh jaringan listrik tersebar di tiga kabupaten. Diantaranya, 11 TPS di Kabupaten Pesisir Selatan, 11 TPS di Kabupaten Solok, dan 174 TPS di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kemudian disusul Kabupaten lain, yaitu 4 TPS di Kabupaten Agam, 6 TPS di Kabupaten Pasaman, 3 TPS di Kabupaten Dharmasraya, dan 6 TPS di Kabupaten Solok Selatan.

Sementara itu, Ketua divisi Teknis KPU Kab. Mentawai Suryandika mengakatan, setelah dilakukan penyisiran ulang hanya 113 TPS yang belum teraliri listrik PLN.

“Untuk mengatasi itu, KPU akan mengusahakan pemakian ganset untuk TPS yang tidak ada aliran listrik PLN nya,” Andika via telfon.

Pada hari “H” pemungutan suara Pemilu 2024 nanti, KPU Mentawai akan menyewa ganset untuk TPS yang tidak ada listrik.

“Ya.. kita akan sewa ganset yang bisa diangkat untuk mempermudah mobilisasi ke TPS – TPS tersebut,” tutup Andika. (Vrd/rc)

Komentar